Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Cryptocurrency? Inilah yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Cryptocurrency? Inilah yang Harus Anda Ketahui - Cryptocurrency memungkinkan Anda membeli barang dan jasa, atau memperdagangkannya untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah lebih lanjut tentang apa itu cryptocurrency, cara membelinya dan bagaimana melindungi diri Anda sendiri.

Apa itu Cryptocurrency? Inilah yang Harus Anda Ketahui

1. Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency (atau "crypto") adalah bentuk pembayaran yang dapat beredar tanpa perlu otoritas moneter pusat seperti pemerintah atau bank. Sebaliknya, cryptocurrency dibuat menggunakan teknik kriptografi yang memungkinkan orang untuk membeli, menjual atau memperdagangkannya dengan aman.

Cryptocurrency dapat ditukar dengan barang dan jasa, meskipun sering digunakan sebagai kendaraan investasi. Cryptocurrency juga merupakan bagian penting dari pengoperasian beberapa jaringan keuangan terdesentralisasi, di mana token digital adalah alat penting untuk melakukan transaksi.

Cryptocurrency paling populer, Bitcoin, memiliki harga yang secara historis tidak stabil. Pada tahun 2021, itu mencapai tertinggi sepanjang masa di atas $ 65.000 sebelum jatuh kembali. (Anda dapat memeriksa harga saat ini untuk membeli Bitcoin di sini.)

2. Bagaimana cara berinvestasi dalam cryptocurrency?

Sementara beberapa cryptocurrency, termasuk Bitcoin, tersedia untuk dibeli dengan dolar AS, yang lain mengharuskan Anda membayar dengan bitcoin atau cryptocurrency lain.

Untuk membeli cryptocurrency, Anda memerlukan "dompet" – aplikasi online yang dapat menyimpan mata uang Anda. Umumnya, Anda membuat akun di bursa, dan kemudian Anda dapat mentransfer uang nyata untuk membeli cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum. Berikut adalah lebih lanjut tentang cara berinvestasi di Bitcoin.

Broker online apa yang menawarkan cryptocurrency?

Jika Anda lebih terbiasa dengan akun broker tradisional, ada beberapa broker online yang menawarkan akses ke cryptocurrency serta saham. Dari broker online yang ditinjau oleh NerdWallet, ini termasuk Robinhood, Webull, SoFi Active Investing dan TradeStation. Jika Anda mencari pertukaran yang hanya beroperasi di dunia cryptocurrency, cari pertukaran crypto murni. Platform ini, seperti Coinbase, Gemini dan Kraken, tidak akan memberi Anda akses ke aset inti seperti saham dan obligasi, tetapi mereka biasanya memiliki pilihan cryptocurrency yang jauh lebih baik, dan lebih banyak fungsi dompet.

3. Berapa banyak cryptocurrency yang ada? Apa yang mereka layak?

Sekitar 16.000 cryptocurrency yang berbeda diperdagangkan secara publik, menurut CoinMarketCap.com, sebuah situs riset pasar. Dan cryptocurrency terus berkembang biak. Nilai total semua cryptocurrency pada 23 Desember 2021, adalah sekitar $ 2,3 triliun, setelah jatuh dari tertinggi sepanjang masa di atas $ 2,9 triliun minggu sebelumnya.

4. Mengapa cryptocurrency begitu populer?

Orang berinvestasi dalam cryptocurrency karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa yang paling populer:

Pendukung melihat cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai mata uang masa depan dan berlomba untuk membelinya sekarang, mungkin sebelum mereka menjadi lebih berharga.

Beberapa pendukung menyukai fakta bahwa cryptocurrency menghilangkan bank sentral dari mengelola jumlah uang beredar, karena seiring waktu bank-bank ini cenderung mengurangi nilai uang melalui inflasi.

Pendukung lain seperti teknologi di balik cryptocurrency, yang disebut blockchain, karena ini adalah sistem pemrosesan dan perekaman terdesentralisasi dan bisa lebih aman daripada sistem pembayaran tradisional.

Beberapa spekulan menyukai cryptocurrency karena mereka naik nilainya dan tidak tertarik pada penerimaan jangka panjang mata uang sebagai cara untuk memindahkan uang.

Sekian artikel mengenai Apa itu Cryptocurrency? Inilah yang Harus Anda Ketahui semoga bermanfaat.