Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Kerja Penambangan Bitcoin?

Bagaimana Cara Kerja Penambangan Bitcoin? - Penambangan Bitcoin dirancang agar mirip dengan penambangan emas dalam banyak hal. "Penambangan digital" ini adalah proses komputer yang menciptakan Bitcoin baru, selain melacak transaksi dan kepemilikan Bitcoin. Penambangan Bitcoin dan penambangan emas keduanya intensif energi, dan keduanya memiliki potensi untuk menghasilkan hadiah moneter yang bagus.
Bagaimana Cara Kerja Penambangan Bitcoin?


Mari kita gali lebih lanjut dalam penambangan Bitcoin untuk mempelajari cara kerjanya dan bagaimana pengaruhnya terhadap transaksi Bitcoin dan investor Bitcoin.

Apa itu Bitcoin Mining?

Penambangan Bitcoin adalah proses komputasi yang sangat kompleks yang menggunakan kode komputer yang rumit untuk menciptakan sistem kriptografi yang aman. Mirip dengan kode rahasia yang digunakan oleh pemerintah dan mata-mata, kriptografi yang digunakan untuk penambangan menghasilkan Bitcoin, memfasilitasi transaksi Bitcoin, dan melacak kepemilikan aset cryptocurrency. Penambangan Bitcoin mendukung database Bitcoin, yang disebut blockchain.

Penambang Bitcoin bukanlah orang-orang dengan picks dan sekop, melainkan pemilik peralatan komputasi canggih. Penambang Bitcoin bersaing untuk menjadi yang pertama memverifikasi transaksi Bitcoin, dan mendapatkan hadiah yang dibayarkan dalam Bitcoin. Penambang Crypto harus terlebih dahulu berinvestasi dalam peralatan komputer yang khusus untuk penambangan, dan biasanya memerlukan akses ke sumber energi berbiaya rendah.

Para penambang yang bersaing berlomba untuk menyelesaikan fungsi matematika yang menantang, yang disebut hash, untuk memproses transaksi Bitcoin. Hashrate penambang adalah kecepatan di mana konfigurasi komputer mereka mampu memecahkan persamaan matematika. Protokol penambangan ini disebut proof of work, karena penambang pertama yang membuktikan bahwa mereka telah melakukan "pekerjaan" untuk memecahkan persamaan yang kompleks mendapatkan hak untuk memproses blok terbaru dari transaksi Bitcoin.

Setelah penambang berhasil memverifikasi blok transaksi baru, blok didistribusikan ke semua penambang lain dan perangkat lain dengan salinan lengkap blockchain Bitcoin. (Perangkat ini disebut node.) Banyak komputer di seluruh dunia menyimpan salinan blockchain yang identik, memastikan pembuatan dan pemeliharaan sejarah tepercaya dan terverifikasi yang hampir tidak mungkin diretas atau didistorsi.

Mengapa menambang Bitcoin?

Ada dua alasan utama untuk menambang Bitcoin. Salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari penambangan Bitcoin, yang dimungkinkan dalam keadaan yang tepat. Yang kedua adalah mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cryptocurrency bekerja dan mendukung pekerjaan jaringan Bitcoin yang sedang berlangsung. Mari kita lihat masing-masing alasan ini untuk menambang Bitcoin:

Penambangan Bitcoin untuk Keuntungan

Jika Anda tertarik untuk menambang Bitcoin sendiri, yang dikenal sebagai penambangan solo, dan ingin mendapatkan keuntungan, maka Anda mungkin memerlukan perangkat keras penambangan khusus. Penambangan dengan graphics processing unit (GPU) atau application specific integrated circuit (ASIC) umumnya yang paling efektif, meskipun komputer seperti laptop atau desktop Anda (yang mengandalkan chip unit pemrosesan pusat untuk menangani fungsi dasarnya) juga dapat digunakan. 

Selain perangkat keras yang mahal, Anda harus mempertimbangkan ketersediaan bandwidth internet dan biaya daya lokal Anda. Penambangan Bitcoin menggunakan sejumlah besar listrik. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda memerlukan akses ke daya murah atau panel surya di atap Anda. Anda juga memerlukan penyedia layanan internet yang memungkinkan penggunaan internet tanpa batas tanpa membebankan biaya untuk melampaui batas data tertentu.

Beberapa penambang Bitcoin bergabung dengan penambang lain untuk membentuk kolam penambangan Bitcoin. Kelompok penambang yang bekerja sama memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan hadiah, dan berbagi keuntungan mereka di antara mereka sendiri. Anggota kolam penambangan membayar biaya untuk keanggotaan kolam penambangan.

Penambangan Bitcoin untuk Kesenangan dan Pendidikan

Jika Anda menikmati bermain-main dengan komputer dan belajar tentang teknologi yang muncul, maka Anda mungkin ingin menambang Bitcoin bahkan jika Anda tidak menghasilkan uang. Menyiapkan konfigurasi penambangan Bitcoin Anda sendiri dapat mengajarkan Anda tentang cara kerja komputer Anda serta jaringan Bitcoin.

Cara Mulai Menambang Bitcoin

Penasaran bagaimana cara menambang Bitcoin? Penambangan Bitcoin tidak sederhana, tetapi siapa pun dengan keterampilan komputer menengah hingga lanjutan mungkin memenuhi syarat. Jika Anda telah meninjau potensi ingin memulai penambangan Bitcoin, ikuti langkah-langkah dasar ini:

Pilih Perangkat Keras Penambangan Bitcoin Anda

Langkah pertama Anda adalah memilih perangkat keras yang akan Anda gunakan untuk menambang Bitcoin. Banyak orang mulai dengan komputer lama untuk mendapatkan ide dasar tentang bagaimana penambangan Bitcoin bekerja. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan, penting untuk menggunakan perangkat keras penambangan yang dioptimalkan, seperti penambang Graphics Processing Unit (GPU) atau Application-Specific Integrated Circuit (ASIC).

Persyaratan minimum lainnya untuk penambangan Bitcoin termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi setidaknya 50 kilobyte per detik, ditambah tidak ada batasan pada unggahan dan unduhan data. Node penambangan Bitcoin biasanya menggunakan hingga 200 gigabyte data per bulan untuk upload, dan sekitar 20 gigabyte per bulan untuk unduhan data.

Memutuskan Antara Solo dan Pooled Mining

Selanjutnya, Anda dapat memutuskan antara menambang sendiri dan bekerja sama dengan penambang lain. Karena penambangan solo cenderung tidak menguntungkan secara konsisten, banyak orang bergabung dengan kolam penambangan untuk imbalan crypto yang lebih dapat diprediksi.

Menginstal dan Mengonfigurasi Perangkat Lunak Penambangan Bitcoin
Sekarang saatnya untuk menginstal perangkat lunak penambangan Bitcoin Anda. Tergantung pada perangkat keras, sistem operasi, dan faktor lainnya, Anda dapat memilih di antara aplikasi penambangan yang berbeda. Berikut adalah beberapa perangkat lunak penambangan cryptocurrency paling populer. 

Catatan: Anda juga perlu menghubungkan pengaturan penambangan Anda ke dompet Bitcoin, sebaiknya yang khusus untuk Bitcoin. Penambang menggunakan dompet crypto untuk mengumpulkan hadiah.

Mulai Menambang untuk Bitcoin

Setelah rig penambangan Anda dikonfigurasi sepenuhnya, Anda dapat mengklik tombol untuk mulai menambang. Kemudian duduk dan menonton keramaian komputer Anda untuk mendapatkan Bitcoin. Rig penambangan biasanya perlu berjalan setidaknya enam jam setiap hari untuk menjadi sukses secara fungsional, meskipun membiarkan rig penambangan Anda berjalan sepanjang waktu meningkatkan kemungkinan mendapatkan imbalan dari penambangan Bitcoin.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Penambangan Bitcoin?"

close