NaB6NaZ5NaV8Nat6NaN5Mqp4LSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengertian Kinematika Gerak Lurus, Rumus dan Contoh Kinematika Gerak Lurus

Pengertian Kinematika Gerak Lurus, Contoh dan Rumus Kinematika Gerak Lurus- Di dalam ilmu fisika mestinya sudah pernah mendengar dengan Kinematika Gereak Lurus pada sebuah benda yang mana di dalam penjelasan tersebut kita akan memahami sebuah penjalasan tentang sebuah gerak benda sesuai dengan Kinematika Gerak Lurus.

Pengertian Kinematika Gerak Lurus , Rumus dan Contoh


Secara umum kita sudah memahami akan pengertian Kinematika Gerak Lurus pada sebuah benda. Tapi kadang ada seseorang yang belum paham akan penjelasan tentang Kinematika Gerak Lurus di dalam ilmu Fisika.

Maka dari kami kali ini akan memebhas secara lengkap tentang Kinematika Gerak Lurus Pengertian, Contoh dan Rumus Kinematikan Gerak Lurus di bawah ini agar eman-teman semua paham akan penjelasan Kinematika Gerak Lurus.

Pengertian Kinematika Gerak Lurus:

Kinematika adalah cabang fisika yang mempelajari tentang gerak. Sebuah Benda dikatakan bergerak jika benda mengalami perubahan posisi. Besar perubahan posisi pada sebuah benda dinyatakan sebagai perpindahan. Sebuah Perpindahan yang terjadi setiap satuan waktu disebut dengan kecepatan. Jika kecepatan benda berubah maka kita mengenal besaran percepatan. Percepatan adalah perubahan kecepatan setiap detik.

Posisi, perpindahan, kecepatan, dan percepatan adalah besaran-besaran fisika yang berkaitan langsung dengan cabang kinematika. Dalam belajar tentunya kamu harus memahami rumus kinematika gerak lurus & materi gerak lainnya dalam soal kinematika. Setelah kita paham akan pengertian Gerak Kinematika Gerak Lurus selanjutna mari kita pahami tentang Gerak Lurus di bawah ini.

Pengertian Gerak Lurus:

Sebelum kita membahas Gerak Lurus dan contohnya di bawah ini mari kita pahami terlebih dahulu akan penjelasan kami di bawah ini tentang pengertian Gerak Lurus dan macam-macam gerak lurus secara detail di bawah ini.

Apa itu gerak lurus?

Setiap benda atau objek yang mengalami perpindahan makan akan melakukan sebuah gerak. Yang dimaksud dengan gerak lurus dimana suatu objek atau benda yang bergerak atau digerakkan akan membentuk pola garis lurus.

Garis lurus dalam ilmu fisika itu akan berkaitan denga yang namanya perpindahan,kelakuan rata -rata, dan kecepatan sesaat, serta percepatan. Setiap benda yang bergerak akan mengalami semua yang tertuliskan di atas.

Macam-Macam dan Rumus Gerak Lurus:


Didalam ilmu fisika gerak lurus dibagi menjadi dua yaitu: gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

1. Gerak lurus beraturan (GLB)


gerak lurus  beraturan merupakan turunan dari gerak lurus, gerak lurus beraturan ini mempelajari gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan dengan kecepatan konstan sehingga benda tersebut tidak mengalami percepatan (a=0). Secara matematis dapat ditulis dengan rumus:

         V= s/t
Dimana:
V= kecepatan  (m/s)
S= jarak (m)
t = waktu (s)

2. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)


Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) merupakan turunan kedua dari gerak konsep gerak lurus. Diman gerak lurus berubah beraturan ini mengalami perubahan kecepatan yang beraturan,
Sehingga percepatannya konstan, sehingga persamaan gerak lurus berubah beraturan dapat ditulis:

s=v0.t + ½ a.t²
Vt= v0 + a.t
Dimana :
Vt = kecepatan akhir (m/s)
V0 = kecepatan awal (m/s)
a = percepatan (m/s²)
s = jarak (m)
t = waktu (s)
Setelah kita paham akan penjelasan tentang gerak lurus, macam-macam dan rumus GLB da GLBB di atas selanjutnya mari kita bahas contohnya di bawah ini agar kamu semua paham cara penerapan Rumus GLB dan GLBB

Contoh Gerak Lurus Beraturan (GLB):

1. Seorang pedagang asongan berjalan kaki dengan kecepatan 5 m/s. Dan menempuh perjalanan selama 5 s. Berapakah jarak yang di tempuh oleh pedagang tersebut?

Jawab :

 Diket v = 5 m/s
           t = 5 s
           s =.....?
Rumus :
              v = s/t
       5 m/s = s/5 s
       5 m = S5
           S= v.t
           S = 5 m × 5
           S = 25 m
Jadi jarak yang di tempuh oleh pedagang tersebut adalah 25 m. Selama 5 sekon. 

Jadi itulah cara menentukan gerak lurus beraturan yang dapat kamu terapkan ketika kamu mengerjakan tugas gerak lurus beraturan. Dan untuk kamu yang ingin tau contoh dan rumus mengerjakan soal tentang gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dapat kamu baca di artikel selanjutnya yang akan kami kupas.

Nah, setelah kita paham akan contoh Gerak Lurus Beraturan yang telah saya berikan contoh dan rumus  gerak lurus beraturan di atas.semoga dengan artikel di atas bermanfaat bagi kamu para pelajar da siswa-siswa.
Share Artikel Ini:
3673083153873386998
.....KLIK 2X (CLOSE).....